Runtuhnya Ekonomi A.S (Goverment Shutdown)

Washington - Pihak Gedung Putih memerintahkan seluruh kantor pemerintahan berhenti beroperasi setelah pihak Kongres tidak menyetujui anggaran baru hingga batas waktu yang ditentukan. Untuk pertama kalinya sejak 17 tahun yang lalu pemerintah AS kehabisan uang! 


Pihak legislatif tidak menyetujui anggaran baru, yang isinya antara lain menaikan batas utang pemerintah sehingga bisa menjalankan negara. Saat ini, kas pemerintah AS menipis karena tidak diperbolehkan menambah utang, untuk menjalankan sejumlah program baru Presiden Barack Obama. Alhasil, hampir satu juta PNS di AS akan dirumahkan.

"Kerja keras rakyat Amerika yang telah bersusah payah akan percuma. Ini tidak boleh terjadi! Saya ulangi, ini tidak boleh terjadi! Dan semua harus dicegah," kata Obama saat Kongres menyatakan untuk menolak anggaran baru, Selasa (1/10/2013).

Keputusan Kongres itu diambil setelah Presiden AS Barack Obama menolak permintaan Partai Republik agar pemerintah menunda UU Perawatan Kesehatan selama setahun alias Obamacare.

PNS AS akan dirumahkan tanpa kompensasi setelah lobi-lobi politik kongres antara Partai Republik dan Demokrat gagal menghasilkan kesepakatan.



Akibatnya pemandangan di Washington DC bisa dibilang menyeramkan. Pasalnya, beberapa tempat wisata populer di Ibu Kota akan ditutup termasuk FDR Memorial, The Kennedy Center for Performing Arts, Perpustakaan Kongres, Lincoln Memorial, Arsip Nasional, Kebun Binatang Nasional dan semua Museum.

Tak ada pekerja yang rela menjaga tempat itu semua karena gaji yang tidak akan dibayarkan.


Selain itu dolar AS  juga langsung jatuh terhadap sejumlah mata uang di Asia. Siang ini, dolar AS di Tokyo berada di level 98,16 yen, turun dari sebelumnya 98,7 yen. Penutupan pemerintahan AS ini memicu ditutupnya sejumlah kantor pemerintahan.
"Dampak ekonomi (dari penutupan pemerintah) tidak jelas. Itulah mengapa para investor melepas aset dolarnya," ujar Kepala Forex HSBC Jepang Kosuke Hanao dikutip dari AFP, Selasa (1/10/2013).

Tak hanya dengan yen, dolar juga melemah dibandingkan mata uang lainnya di Asia Pasifik. Di India, dolar melemah dari 62,78 rupee menjadi 62,35 rupee. Demikian juga di Singapura, dolar melemehan dari SGD 1,257 menjadi SGD 1,2531. Di Indonesia, dolar melemah dari Rp 11.655 menjadi Rp 11.239.




Sekitar 800.000 PNS di pemerintahan pusat AS tidak akan dapat gaji. Mereka masuk hitungan cuti panjang sampai ada kejelasan dana dan anggaran dari masing-masing Kementerian.

Operasional stasiun luar angkasa masih berjalan walau nantinya banyak kendala. NASA tetap mengoperasikan International Space Station meskipun tanpa pekerja. Karena 18.000 pekerjanya harus dirumahkan tanpa mendapatkan gaji sepeser pun.

Hampir setengah dari 800.000 PNS pemerintah AS bekerja di Kementerian Pertahanan. Para pekerja Pentagon tidak akan mendapatkan gaji karena tidak lagi ada anggarannya.

Pentagon merupakan markas Kementerian Pertahanan AS di Arlington, Virginia dekat Washington D.C.


Beberapa tempat wisata populer di ibu kota AS, Washington, akan ditutup termasuk FDR Memorial, The Kennedy Center for Performing Arts, Perpustakaan Kongres, Lincoln Memorial, Arsip Nasional, Kebun Binatang Nasional dan semua Museum. Tak ada pekerja yang bertugas menjaga tempat itu semua karena gaji yang tidak akan dibayarkan.


Imbas dari ditutupnya kegiatan pemerintahan AS ini sampai juga ke Securities & Exchange Commission (SEC) yang berhenti beroperasi. Wasit pasar modal AS itu diminta untuk menghentikan seluruh registrasi baru terkait pasar modal, seperti initial public offering (IPO), rights issue, dan sebagainya.

Hal ini berujung kepada molornya (atau bahkan sampai batal) rencana IPO perusahaan yang saat ini masih mengantri, di antaranya adalah Twitter dan pemilik game Candy Crush.

Raksasa jejaring sosial Twitter sebelumnya sudah mengirimkan dokumen untuk melangsungkan penawaran umum saham perdana alias IPO ke SEC. Nilai IPO-nya diperkirakan ada di rentang US$ 10-20 miliar (Rp 100-200 triliun).
Twitter sendiri belum tidak mau berkomentar banyak, selain hanya mengumumkan sudah melaporkan seluruh keperluan IPO tersebut kepada otoritas bursa melalui kicauan alias tweet yang di-posting oleh manajemen.

Sementara King.com, perusahaan di London pembuat Candy Crush telah menyiapkan segala persyaratan dokumen S-1 dengan Securities and Exchange Comission. Dikabarkan nilai IPO tersebut akan mencapai US$ 5 juta (Rp 50 miliar).

Pemerintah AS belum memutuskan sampai kapan kegiatan operasional pemerintahan dihentikan. Aksi korporasi dua perusahaan yang bergerak di dunia maya itu harus ditunda sampai SEC kembali beroperasi normal.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Chuck Hagel memberi peringatan bahwa ditutupnya pemerintahan bisa berimbas buruk terhadap keamanan dan pertahanan AS. Pasalnya banyak misi-misi militer AS yang selama ini sudah berjalan di seluruh dunia bisa berujung tidak jelas.

Meskipun Presiden AS Barack Obama memastikan para tentara AS tetap akan mendapatkan gaji dan melanjutkan tugasnya, tapi penutupan pemerintahan ini akan merusak kredibilitas Paman Sam di mata internasional.

Hal itu dikemukakan Hagel di Seoul, saat berkunjung melakukan kunjungan dua negara yaitu Korea Selatan dan Jepang, Selasa (1/10/2013).

Kunjungan Hagel ke dua negara itu dalam rangka mempererat kerjasama militer di kedua negara. Ia pun menyalahkan para anggota Kongres AS yang tidak bisa menyetujui anggara tepat pada waktunya.

"Awan gelap ketidakpastian ini... berimbas kepada misi (militer) kami di seluruh dunia. Hal ini jadi pertanyaan atas komitmen kami terhadap para sekutu," katanya seperti dikutip dari AFP.

Meskipun demikian, ia tetap yakin kegiatan militer AS tidak akan kena imbas yang terlalu dalam. "Tapi ada imbas yang signifikan terhadap kredibilitas kami di mata sekutu," tambahnya.

Begitu hebatnya pengaruh Amerika Serikat (AS). Ditutupnya pemerintahan setempat tak hanya berdampak pada negaranya sendiri tapi juga sampai ke seluruh dunia.

Menurut Wakil Menteri Keuangan yang baru dilantik, Bambang Brojonegoro, selama ini pemulihan ekonomi dunia sangat tergantung pasar finansial dan ekonomi Paman Sam. Oleh sebab itu, jika ekonomi AS terganggu, maka pemulihan ekonomi global juga bisa terhambat.

"Ini tentunya kekhawatirannya recovery ekonomi Amerika ini terganggu dengan adanya gangguan terhadap federal governance. Kalau terganggu, harapan akan recovery global juga akan terganggu," ujarnya setelah pelantikan di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Menurutnya, ekonomi dunia saat ini sudah tidak bisa lagi mengharapkan Uni Eropa akibat krisisnya yang berkepanjangan. Sementara negara-negara berkembang di Asia juga malah terganggu oleh rencana pengurangan subsidi oleh The Federal Reserve, lagi-lagi gara-gara AS.

"Kami percaya pasti ada solusi lah di Amerika bahwa pemerintah itu akan berhenti atau terganggu kan tidak bagus message-nya untuk siapapun. Jadi saya pikir suatu saat pasti ada solusi tapi ini kan bagian dari politik, masing-masing pihak berusaha untuk meng-exercise power," ujarnya.

Selama ini, kata Bambang, pelaku pasar sangat berharap banyak kepada AS dan China untuk mengeluarkan dunia dari hantaman krisis ekonomi global. Sayangnya, situasi di AS masih tidak kondusif, sedangkan ekonomi China juga melambat.

"Tinggal Amerika yang diharapkan bisa membawa krisis global ini keluar. Nah, kalau Amerika sendiri ini mendapat gangguan maka ada rasa khawatir dari investor," jelasnya.

BEGITULAH......

Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Check Your Site Rank

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service