Asal Usul Masakan CapCay (CapJay)

Capcay (pinyin: zasui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti sepuluh dan Cay artinya sayur.
Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam. Di Amerika “cap-cay” cah disebut “chop-suey” dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika, dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Anda, mungkin penasaran, bagaimana mungkin “cap-cay” cah berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.
Jangan bingung, sejarah “cap-cay” memang terdiri dari banyak versi. Versi terpopuler adalah ketika duta besar Cina Li Hung, mengunjungi kota New York pada tanggal 29 Agustus 1896, tukang masaknya berusaha menciptakan masakan yang bisa diterima oleh diplomat Cina dan Amerika. Dan menurut catatan sejarah, “cap-cay” goreng memang terhidang sebagai salah satu menu. Versi lain yang lebih kuno, menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti Qing. Dimana jerohan di masak bersama sayur-sayuran untuk membuatnya tampil lebih elok dan lebih sehat.
Ada satu versi yang menurut saya lebih masuk akal, adalah masakan ini diciptakan oleh kaum Imigran Cina yang berkelana kemana-mana. Yaitu masakan yang ditentukan oleh nasib. Apapun sayur yang didapat hari ini, dipotong semua dan dimasak jadi satu. Kalau cuma ada 2 sayur, maka cap-cay-nya cuma terdiri 2 sayur itu. Tapi kalau nasib baik hari ini dan punya sayur lebih, maka cap-cay cah lebih mewah. Sederhana dan praktis. Masalahnya kapan masakan cap-cay cah ini ditemukan ? Karena di Cina sendiri, masakan ini tidak dikenal. Hanya di Taishan, Cina yang majoritas penduduknya berkelana dan menjadi kaum imigran, masakan cap-cay cah dikenal.
Resep cap-cay cah
Bahan :
200 gr baby corn, potong serong
200 gr wortel, kupas kulitnya, potong serong ½ cm
150 gr kembang kol, potong sesuai kuntumnya
100 gr caisim, potong-potong ukuran 3 cm
100 gr kol, potong-potong ukuran 2 cm
2 batang daun bawang, potong-potong ukuran 2 cm
100 gr jamur merang, belah 2
200 gr fillet ayam, iris tipis 2 X 3 cm
4 butir bakso ikan, iris-iris
150 gr udang, buang kulit dan kepalanya, belah punggung, sisakan ekornya
3 sdm minyak goreng untuk menumis
4 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
Saus :
[campur jadi satu]
200 ml kaldu
3 sdm kecap asin
½ sdt minyak wijen
1 sdm saus tiram
1 sdm angciu
1 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
Cara Membuat:
1. Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk sampai daging ayam kaku, lalu tambahkan udang dan bakso ikan, aduk dan masak sampai udang berubah warna.
2. Masukkan baby corn, wortel, kembang kol, caisim, kol, daun bawang dan jamur. Tuangi campuran saus, masak hingga seluruh bahan cukup matang. Masukkan larutan tepung kanji, aduk sampai kuah agak mengental, angkat. Hidangkan selagi panas.
Khasiat/Manfaat Masakan Cap-cay Cah
Khasiat / manfaat dari masakan cap-cay cah tergantung dari sayur-sayur yang digunakan. Salah satu sayur yang paling sering digunakan dalam masakan cap-cay cah adalah Baby Corn. Manfaat, detail dan penjelasan dari Baby corn ini dapat dilihat dibawah ini :
Deskripsi
Baby corn atau biasa disebut jagung semi atau jagung putri sebenarnya merupakan tongkol jagung yang dipanen waktu muda (belum berbiji). Mulanya sayuran ini hanya sebagai hasil sampingan panen jagung sehingga jumlahnya relatif sedikit dan sukar didapatkan di pasaran.
Manfaat

Padahal sayuran ini sudah lama dikenal di Indonesia dan umumnya dipakai dalam masakan sehari-hari atau perhelatan (pesta), antara lain dalam masakan cap cay, sop, oseng-oseng, dan sebagainya.

Vitamin yang ada dicap-cay cah

Vitamin A
Gunanya : meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, mengatur proses pembakaran pada tubuh, dan mencegah penyakit mata, rabun dan kebutaan.
Sumber zat : terutama terdapat pada jagung muda (baby corn),wortel, kacang-kacangan, mangga, papaya,susu dan lain-lain.
Vitamin B
ü Gunanya : mengatur pencernaan zat tepung, mengatur kadar air pada tubuh, dan untuk merangang nafsu makan.
ü Sumber zat : terutama terdapat pada beras, wortel, lobak, pisang, papaya, dan lain-lain.
Vitamin C
Gunanya : meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bahaya infeksi, mencegah penyakit sariawan, panas dalam dan segala penyakit pecah mulut,bibir dan lainnya.
Sumber zat : terutama terdapat pada kacang hijau, kacang merah, selada air, cabe, papaya, jeruk, tomat, jambu biji dan lain-lain.
Vitamin D
Gunanya : mengatur kadar garam kapur sel darah, mencegah cacat pertumbuhan rangka badan dan lainnya.
Sumber zat : terutama terdapat pada minyak ikan, kuning telur, dan beberapa tanaman hijau.
Vitamin E
Gunanya : mempelancar fungsi alat kelamin, dan mencegah degenerasi otot dan lain-lain.
Sumber zat : terutama terdapat pada daun selada, daging ,biji-bijian, dan lain-lain.
Vitamin H
Gunanya : menyuburkan rambut, menata fungsi kulit, dan menopori kegiatan anti kuman-kuman.
Sumber zat : terutama terdapat pada zat putih telur, susu sapi, gijal, hati, daging, sayur,dan bah-buahan.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
4 January 2018 at 15:14 ×

Cari game poker 1 user id bisa bermain bermacam game berbeda di indonesia,
Kunjungi situsnya disini* wwwmgmpoker88. com
Pin BBM : D88FDB2E
▽ WA : +85577597038
▽ LINE : MGM POKER
▽ Skype : mgmpoker.
raja poker

Reply
avatar
Rita Dewi
admin
9 July 2019 at 17:57 ×

Wah kebetulan saya sedang cari resep capcay...

Reply
avatar
Thanks for your comment

Check Your Site Rank

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service